Langsung ke konten utama

Black Billed Magpie Pagi Ini



Pagi ini hampir sama dengan pagi-pagi sebelumnya, bangun tidur langsung menuju kamar mandi dilanjutkan dengan sedikit berberes-beres sekitar kamar tidur dan ruang tamu dan kemudian “cabut” ke kampus, tepatnya ke laboratorium, tanpa memikirkan dulu mau sarapan atau tidak, karena jam sudah menunjukkan batas maksimal target mencapai laboratorium.hehehe. Yang berbeda di pagi ini dengan pagi-pagi sebelumnya di Bulan September adalah udara yang sudah lumayan dingin dan cukup menggigit kulit sehingga menggunakan kaos tebal  dan jaket tipis adalah pilihan pakaian yang paling cocok untuk pagi ini.

Hal berbeda lain yang saya alami pagi ini adalah ketika melihat burung Black-Billed Magpie (Pic hudsonia)  yang (katanya) merupakan burung khas Korea dan dipercaya sebagai burung pembawa keberuntungan, yang berterbangan di  tiang listrik, di pepohonan bahkan di rerumputan sepanjang jalan menuju Laboratorium. Mata saya terkunci pada aktivitas burung-burung itu yang meloncat genit seakan sedang  menari dan bersenandung tentang kebebasan dan kesegaraan pagi ini. Tetapi fikiran saya kemudian meloncat jauh menembus jarak dan batas waktu. Tetiba saya membayangkan alam Indonesia, saya membayangkan kebun di belakang Rumah, saya membayangkan pematang sawah dan hutan-hutan yang pernah saya jelajahi di Indonesia serta tak ketingglan rumah paman dan teman-teman yang hobi memelihara hewan peliharaan di rumahnya, melintas dikepala saya pagi ini begitu cepat dan begitu jelas nuansanya. 

Burung Black Billed Magpie

Ya, walaupun mata tak mau lepas dari pemandangan yang sejuk dan sangat berasa asri tapi fikiran-fikiran itu muncul dan berujung kepada pertanyaan “Kenapa di Negara saya, yang katanya ribuan species burung hidup di dalamnya, saya tidak pernah melihat burung yang menari-nari sebebas dan sebahagia itu? Kenapa?” kemudian melompat lagi fikiran saya pagi ini dengan  membayangkan sebuah aktivitas rutin yang dilakukan hampir setiap pagi oleh para pemilik hewan peliharaan, melihat peliharaanya sambil mengecek wadah pakan dan minum serta kebersihan kandang hewan peliharaanya. (Katanya) Sebuah wujud tanda cinta “majikan” terhadap peliharaannya. Tapi apakah benar cinta itu seperti itu? Mengurungnya dalam kandang?

Tak terbendung pula perasaan ingin mengajak Paman , Sepupu, teman-teman, tetangga serta para panjual burung dan hewan peliharaaan yang pernah saya temui di jalanan dan di pasar-pasar untuk berdiri bersama saya di pagi ini untuk melihat suasana ini. Untuk merasakan asri nya pagi yang di hibur dengan senandung para burung yang menyanyikan lagu kebebasan.

Ya, saya belum menemukan kenapa di negeri saya orang lebih suka “mengandang” burung dan menikmati jeritan ketidakberdayaannya daripada menikmati lantunan kebebasan yang terucap begitu tulus dari burung-burung itu di pagi hari di atas pepohonan atau di rerumputan. Saya juga belum menemukan jawaban kenapa pemerintah Indonesia tidak membuat peratuarn untuk melarang setiap warga negaranya memenjarankan binatang, karena menurut saya binatang pun memiliki hak untuk bebas layaknya manusia.

Aah, akhirnya saya teringat pula akan nasehat kakek belasan tahun lalu yang memberikan sebuah wasiat bagi saya untuk bersikap bijak pada alam. Dua nasehat yang sampai hari ini saya pegang dan saya coba jalankan “Tanamlah pohon sebanyak mungkin, kalaupun kau tak menikmatinya anak cucumu pasti kebagian berkahnya dan jangan kau memelihara binatang kecuali kau menjamin kebebasan dan hak-hak syahwatnya (makan, minum, kawin dsb) terpenuhi” 

Aaaahhh black-billed magpie  di sekitaran Taewang Apate, kau memberikan pelajaran bagiku pagi ini. Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Second Level CMAS Diving License

Beberapa waktu lalu kembali mendpatkan kesempatan untuk melatih skill diving bareng teman-teman teknik. Ini adalah program kelanjutan "naik tingkat" setelah beberapa bulan sebelumnya mengikuti pula pelatihan untuk mengambil basic diving. Sama seperti basic diving yang di dapat dulu, sebelum terjun langsung ke laut, kami digojrot dulu di kolam renang sehari sebelumnya, full dari pagi sampai sore. Dilatih dasar berenang, bernafas, menahan nafas, memasang alat dan lain sebagainya. Yang berbeda untuk second level ini kami mengambil license dari POSSI ( Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) yang menginduk pada organisasi international CMAS (Confederation Mondiale Activities Subacuatiques) sedangkan ketika first  level kami dapat dari SSI(Scuba Skill International). Bedanya apaa?? Saya juga tidak tahu banyak, sedikit penjelasan yang saya tahu bahwa kalau SSI biasa digunakan oleh orang yang ingin menagabil license "hanya" sekedar untuk selam hiburan dan l

Tentang Kelengkapan Laboratorium Hingga Segitiga Ideal

Pernah kah anda menghitung harga satu lembar kertas tissue yang anda gunakan? Kalau belum, coba anda hitung dengan cara membagi harga tissue yang anda beli dengan jumlah helai kertas tissue yang didapatkan. (Ga ada kerjaan amat siih. Hehehe) Hari ini saya menghitung kertas tissue yang ada dalam foto di bawah ini: Kimtech Tissue Tahukah anda berapa harga per lembarnya? Harganya adalaaaahh (jreeeeng jreeng jreeeng) 170 KRW atau jika diasumsikan 1 KRW= 11 IDR maka harganya sama dengan Rp. 1.870,- Ya harganya segitu, jangan heran ya (entah karena kemahalan atau begitu murah, tapi bagi saya sih, Muahaal bingiiit) hehehe. Tissue ini adalah salah satu bahan “sepele” yang digunakan dalam keseharian kami beraktivitas di laboratorium. Kami mengunakannya untuk mengelap beberapa alat praktikum dan beberapa bahan uji yang membutuhkan pengeringan yang baik.Saya menemukannya baru ketika di negeri ini (korea .red), padahal dunia laboratorium bukan lah hal asing bagi saya di Indonesia.

Surface Hardening

Untuk merefresh kembali materi kuliah ketika S1 dulu, saya ingi mengulang kembali beberapa materi yang mungkin nanti akan jadi makanan keseharian saya di laboratorium pengembangan paduan (Alloy Development) di Yeungnam University ini. Materi pertama yang ingin saya review adalah tentang proses pengerasan pada permukaan material. Beberapa hal yang menjadi alasan untuk melalkukan surface treatment diantaranya sebagai berikut : -        Menaikain ketahanan Aus -        Menaikkan kekerasan permukaan hingga sedalam 0,1 -0,5 mm -        Menambah ketahanan permukaan terhadap beban mekanis -        Memperbaiki ketahanan fatik Proses pengerasan pada material dapat dibagi menjadi 2 macam penggolongan yakni pengerasan secara termal/ selective heat treatment dan secara termokimia . Berikut adalah penjabaran dari masing-masing jenis pengerasan tersebut. A. Termal/Selective Heat Treatment Proses selective heat treatment dilakukan dengan beberapa prosedur yakni material ya