Langsung ke konten utama

Interstellar: Antara Scientific Film dan Ayat Alquran



Week end kemarin untuk pertama kalinya nonton film di bioskop di negeri ini (Korea .red). Awalnya agak skeptic  dengan kemungkinan film yang ditonton, yakni kemungkinannya adalah kalau ga menarik isi filmnya maka bisa jadi film yang ditonton di dubbing dengan bahasa Korea.Hahaha, Kalau yang kemungkinan kedua ini terjadi maka failed banget dah nonton perdana saya di negeri ini.hahaha (Maklum hanya baru bisa bilang “gamsahamnida”, “arayo” dan “mulayo” doang. heuheuheu)

Film yang saya tonton adalah Interstellar. Film ini menceritakan tentang perjalanan yang dilakukan ilmuwan-ilmuwan NASA menuju planet Mars dan bersinggungan dengan black hole atau sering disebut juga mesin antar waktu.  Mungkin film seperti ini bukanlah jenis film pertama yang menceritakan kehidupan dan kondisi alam di Mars dan di ruang antar galaxy tetapi film ini menjadi menarik karena di dalam nya digambarkan fenomena-fenomena fisika dengan beberapa kali menampilkan rumus dan teori relativitas waktu, Sebuah postulate dahsyat yang tercetus di akhir abad 20 ini. Maka bagi anda yang minimal pernah berkenalan dengan pelajaran fisika apalagi pecinta fisika, sangat cocoklah film ini untuk disimak. :D 

Salah satu adegan yang membuat saya muter-muter fikirannya adalah ketika adegan yang menggambarkan masa yang hanya beberapa jam di planet Mars ternyata sama dengan 23 tahun 4 bulan sekiaan hari di bumi (sejujurnya saya lupa detail lengkapnya). Aah mendengar perbincangan itu, langsung bulu kuduk saya merinding dan tetiba pengen nangis karena saya teringat dengan salah satu ayat Al-Quran yang kebetulan sedang sering beberapa hari terakhir dibaca. Fikiran saya meresapi ayat ke 4 surat Al-Maarij (Surat ke 70) yang bunyi dan terjemahannya sebagai berikut :

Ya, ayat tersebut dengan gamblang menyatakan bahwa  jarak tempuh malaikat (yang tercipta dari cahaya) ketika menghadap kepada Allah SWT adalah satu sehari dimana dalam perhitungan manusia sama dengan 50.000 tahun. Saya menjadi semakin yakin tentang relativitas waktu dan menyadari sedikitnya jatah waktu kita untuk hidup di bumi ini.

Saya tidak tahu seperti apa nanti setelah meninggal dunia, sama seperti halnya ketidaktahuan saya tentang situasi peradilan di padang mahsyar ataupun masa ketika kita mendapat nikmat di Surga maupun mendapat azab di Neraka ( yang terakhir semoga kita terlindung dari nya.Aamiin), karena yang bisa saya percayai dan imajinasikan dari berbagai literature dan keterangan, baik Alquran maupun hadits,  adalah masa itu begituu paaaanjang dan bisa dibilang tak terhitung bilangnya jika dibandingkan dengan waktu kita di dunia ini.

Saya semakin yakin pula dan mencoba terus untuk selalu berada dalam kesadaran, bahwa saya hanya sementara di dunia ini dan akan ada perjalanan lebih lanjut dan lebih panjang masa nya setelah kehidupan ini. Berharap dengan kesadaran yang terus dijaga akan sedikitnya waktu yang dimiliki, menjadikan diri ini selalu berbuat terbaik dan bermanfaat bagi orang lain dan semoga penciptaan saya (dan anda tentunya) sebagai makhluk yang ditugaskan untuk beribadah kepada Rabbul ‘Alamiin bisa kita jalankan dengan sebaik-baiknya.

Terimakasih interstellar, kau telah mengajak diri ini untuk berfikir dan merenung tentang kebenaran yang nyata tertulis dalam kitab pedoman kami.


Komentar

  1. wah .. seru :D masyaAllah ya qaq.
    annyonghaseo qaqa.. apa kabar disana, hehe
    Kapan ke Mars? #lho haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annyoong Kakak Suryadi..
      Nyook nyusul kemari :)..Kabar Alhamdulillah baik, masih berusaha menyaingi kegantengan ente Sur :p...
      Pesawat saya mau ke pelaminan dulu bukan ke Mars.#laah.haha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Second Level CMAS Diving License

Beberapa waktu lalu kembali mendpatkan kesempatan untuk melatih skill diving bareng teman-teman teknik. Ini adalah program kelanjutan "naik tingkat" setelah beberapa bulan sebelumnya mengikuti pula pelatihan untuk mengambil basic diving. Sama seperti basic diving yang di dapat dulu, sebelum terjun langsung ke laut, kami digojrot dulu di kolam renang sehari sebelumnya, full dari pagi sampai sore. Dilatih dasar berenang, bernafas, menahan nafas, memasang alat dan lain sebagainya. Yang berbeda untuk second level ini kami mengambil license dari POSSI ( Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) yang menginduk pada organisasi international CMAS (Confederation Mondiale Activities Subacuatiques) sedangkan ketika first  level kami dapat dari SSI(Scuba Skill International). Bedanya apaa?? Saya juga tidak tahu banyak, sedikit penjelasan yang saya tahu bahwa kalau SSI biasa digunakan oleh orang yang ingin menagabil license "hanya" sekedar untuk selam hiburan dan l

Tentang Kelengkapan Laboratorium Hingga Segitiga Ideal

Pernah kah anda menghitung harga satu lembar kertas tissue yang anda gunakan? Kalau belum, coba anda hitung dengan cara membagi harga tissue yang anda beli dengan jumlah helai kertas tissue yang didapatkan. (Ga ada kerjaan amat siih. Hehehe) Hari ini saya menghitung kertas tissue yang ada dalam foto di bawah ini: Kimtech Tissue Tahukah anda berapa harga per lembarnya? Harganya adalaaaahh (jreeeeng jreeng jreeeng) 170 KRW atau jika diasumsikan 1 KRW= 11 IDR maka harganya sama dengan Rp. 1.870,- Ya harganya segitu, jangan heran ya (entah karena kemahalan atau begitu murah, tapi bagi saya sih, Muahaal bingiiit) hehehe. Tissue ini adalah salah satu bahan “sepele” yang digunakan dalam keseharian kami beraktivitas di laboratorium. Kami mengunakannya untuk mengelap beberapa alat praktikum dan beberapa bahan uji yang membutuhkan pengeringan yang baik.Saya menemukannya baru ketika di negeri ini (korea .red), padahal dunia laboratorium bukan lah hal asing bagi saya di Indonesia.

Surface Hardening

Untuk merefresh kembali materi kuliah ketika S1 dulu, saya ingi mengulang kembali beberapa materi yang mungkin nanti akan jadi makanan keseharian saya di laboratorium pengembangan paduan (Alloy Development) di Yeungnam University ini. Materi pertama yang ingin saya review adalah tentang proses pengerasan pada permukaan material. Beberapa hal yang menjadi alasan untuk melalkukan surface treatment diantaranya sebagai berikut : -        Menaikain ketahanan Aus -        Menaikkan kekerasan permukaan hingga sedalam 0,1 -0,5 mm -        Menambah ketahanan permukaan terhadap beban mekanis -        Memperbaiki ketahanan fatik Proses pengerasan pada material dapat dibagi menjadi 2 macam penggolongan yakni pengerasan secara termal/ selective heat treatment dan secara termokimia . Berikut adalah penjabaran dari masing-masing jenis pengerasan tersebut. A. Termal/Selective Heat Treatment Proses selective heat treatment dilakukan dengan beberapa prosedur yakni material ya