Langsung ke konten utama

Biaya Hidup Ala Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan


Tulisan ini terinspirasi karena beberapa waktu belakangan ini beberapa orang  menanyakan tentang Yeungnam University (YU)  dan bagaimana pola kehidupan anak rantau dari Indonesia yang kuliah di YU salah satu sebabnya karena tulisan saya tentang Mengapa Kuliah di Korea dan Proses kuliah di Yeungnam University. Selain itu tulisan ini juga seolah menjadi pengingat dengan apa yang saya lakukan sebelum memutuskan untuk pergi ke sini (YU red) yakni mencari tahu informasi selengkap-lengkapnya tentang kuliah dan hidup di Korea. Maka saya mencoba membuat semacam opini  tentang YU dan seluk beluknya hasil dari apa yang saya lakukan sendiri maupun hasil dengar dari kawan-kawan lainnya.

Pertama ingin review dulu tentang YU. YU merupakan salah satu kampus swasta yang terletak di Kota Gyeongsan – Korea Selatan. Gyeongsan  merupakan kota kecil yang terletak di pinggiran kota Daegu, konon Daegu adalah kota terbesar ke-3 di Korea Selatan setelah Seoul dan Busan. Homepage dari YU bisa dilihat disini. YU merupakan kampus swasta yang didirikan oleh mantan Presiden Korsel, Park Chung Hee. Beliau ini dikenal sebagai bapak pembangunan di Korsel walaupun konon dinilai agak diktator ketika memimpin tetapi pondasi pembangunan di korsel adalah hasil dari proses pemerintahannya kala itu. Dikarenakan kampus ini memiliki kedekatan dengan penguasa Korsel maka meskipun kampus swasta, kampus  ini memiliki nilai plus seperti lahannya yang sangat luas dan adanya jurusan khusus yang Cuma ada di kampus ini. Lebih lengkap lagi tentang YU silakan buka homepagenya, :D

Mahasiswa Indonesia yang berkuliah di YU sudah dimulai dari awal tahun 2000-an, salah satu “pembuka jalan” untuk kuliah di YU adalah Dosen S1 saya di Universitas Indonesia, pak Badrul Munir, dan rekannya. Sejak era “pembuka jalan” itulah mahasiswa dari Indonesia tidak pernah putus keberadaanya di kampus ini. Sekarang ini (awal 2015), jumlah mahasiswa Indonesia di YU berkisar 20-an orang dengan komposisi sekitar 80% adalah mahasiswa S2 dan 20% mahasiswa S3. Adapun  jurusannya adalah Materials Engineering, Mechanical Engineering, Chemical Engineering, Civil Engineering dan PSPS (Park Chung Hee School of Policy and Saemaul). PSPS adalah fakultas teranyar yang ada di YU. Salah satu yang dipelajari adalah gaya berpolitik mantan presiden Korsel (Park Chung Hee) dan semangat membangun ala Korsel (Saemaul). Sebagian besar mahasiswa Indonesia yang berkuliah di PSPS adalah Pegawai Negeri Sipil. Kalau ingin mengetahui tentang PSPS bisa dilihat di homepagenya ini. Ohya, ada juga beberapa mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di YU hanya satu tahun, mereka ini adalah mahasiswa penerima Korean Government Scholarship Program (KGSP) yang sedang belajar bahasa Korea di YU.

Oke, sekarang kita ngomongin biaya kuliah dan biaya hidup di YU. Untuk biaya kuliah seluruh mahasiswa Indonesia 100% semuanya mendapatkan beasiswa. Adapun mekanisme beasiswa yang diperoleh adalah beasiswa dari kampus dengan kewajiban tambahan sebagai Research Assistant kecuali untuk program PSPS dan KGSP. Kalau program PSPS tuition fee dan biaya hidup per bulan berasal langsung dari kampus atau dari pihak ketiga yang bekerjasama dengan pihak YU sedangkan untuk program KGSP mendapatkan pembiayaan dari pemerintah Korea. Bagi kami yang mendapatkan beasiswa dengan mekanisme Research Assistant kami mendapatkan biaya per bulan yang berasal dari supervisor (Proffesor pembimbing kami) dengan besar berkisar 450.000 – 600.000 KRW bagi S2 dan 800.000 KRW untuk mahasiswa S3. Sedangkan untuk mahasiswa PSPS mendapatkan biaya hidup per bulan sebesar 1.000.000 KRW.

Dengan modal uang per bulan tersebutlah kami bertahan hidup di sini :D. Lalu bagaimana kami bertahan hidup, berikut sedikit rincian dari kebutuhan yang harus dikeluarkan setiap bulannya.
1.       Biaya Tempat Tinggal :
-          Biaya one room (kosan/ bulan = 180.000 – 200.000 KRW untuk menyiasati bisa dihuni untuk 2 orang sehingga bisa menjadi setengahnya. Ada juga biaya uang jaminan peminjaman yang harus dibayarkan diawal dan diambil kemabali ketika selesai masa kontrak yang besarnya 500.000 KRW
-          Kebutuhan rumah (listrik, gas dll) = 10.000 – 20.000 KRW

2.       Kebutuhan Makan :
-          Sekali makan harga di kantin kampus dan diluar berkisar 3500 – 7000 KRW
-          Untuk mensiasati pengeluaran untuk biaya makan umumnya memasak sendiri karena dapur adalah fasilitas yang didapat jika tinggal di one room. Untuk biaya belanja tergantung orangnya. Saya pribadi jika dikalkulasikan 100.000/bulan sangaaat lebih dari cukup.

Dua kebutuhan pokok itulah yang menjadi rutinitas yang harus dikeluarkan yang besarnya bervariasi tergantung “cara kita hidup”.  Kebutuhan lainnya yang biasanya dikeluarkan adalah biaya Jalan-jalan dalam rangka liburan atau silaturahmi ke teman-teman di kota lain, kebutuhan sandang kita biasa mensiasati dengan membeli pakaian bagus harga miring (pakaian second ) yang harganya hanya 3000-8.000 KRW kalau yang baru bisa pulahan ribu harganya, pulsa hp (10.000/bln cukup bagi saya) dan lain-lainnya. Dengan besar beasiswa tersebut sampai sejauh ini saya pribadi dan rekan-rekan lain Alhamdulillah tercukupi dan bahkan bisa sedikit menabung. Tapii Sekali lagi semuanya bergantung dengan cara kita hidup dan mengolah rizki yang  kita dapat :)

Biaya yang dikeluarkan di YU relative lebih murah jika dibandingkan dengan biaya kehidupan mahasiswa di kota lain, terutama di kota-kota besar seperti di Seoul dan Busan. Tetapi biasanya nilai beasiswa mahasiswa di kota lain pun mengikuti dengan kebutuhan mereka, dan pastinya mereka juga punya cerita-cerita lain mensiasati untuk bertahan hidup dengan uang beasiswa yang diterima :D

Oke itulah sedikit tentang kehidupan ala Mahasiswa Indonesia di  YU, semoga sedikit membantu bagi teman-teman yang akan berkuliah di Korea khususnya di daerah Gyeongsan dan lebih khusus lagi di Yeungnam University. Semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Mas rohib mau tanya?di Yu itu proses dosen mengajar pakai b.ing apa korea terimakasih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses belajar mengajar untuk S2 dan S3 ada yang menggunakan Bahasa Inggris saja, ada yang menggunakan bahasa Korea saja, dan ada yang menggunakan dua-duanya. Kalau S1sepanjang dosennya bukan dosen asing maka akan menggunakan bahasa Korea. Ketika kita memilih kelas, biasanya kalau kelas tersebut akan menggunakan bahasa Inggris maka ada keterangan tambahannya.
      Semoga membantu ^^

      Hapus
  2. Mas Rohib, boleh tanya soal biaya tempat tinggal nya? Biaya one-room yg sekitar 200.000 per bulan itu cari sendiri kan y? Bukan dri universitas nya?
    Kemudian untuk uang jaminan nya 500.000 KRW itu standar nya segitukah? Soalny kalau tdk salah saya pernah dengar biaya jaminan nya bisa mahal sekali sampai 10juta KRW. Dan ketika masa kontrak habis apakah ada pemotongan uang jaminan tersebut atau dikembalikan utuh? Mohon dijawab. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas/Mba Anon ;)
      Betul untuk nyarinya kita nyari sendiri, tapi sangat mudah dan pastinya kalau orang baru bakal diabntu sama teman, baik orang indonesia maupun orang Koreanya. Dan Ada agent (orang ketiga) yang mengurusi masalah penyewaan, kita biasa menyebutnya "Budongsan".
      Kalu untuk biaya jaminan one room tergantung Kota tempat tinggal kita. Kalau di Kota yg saya tinggali sekarang 500.000 KRW kalau dikota-kota besar bisa dua kalipatnya, tapi kalau sampai 10.000.000KRW kayaknya tidak sampai sebesar itu.
      Untuk pemotongan bisa jadi, karena diakhir masa kontrak rumah kita akan dicek, apakah ada kerusakan atau tidak, jika ada kerusakan maka akan dipotong uang jaminan tersebut dengan besarnya tergantung kerusakan yang ada di one room kita. Sebenarnya ini cara yang baik agar kita merawat one room kita selama kita pakai dalam periode penyewaan.
      Semoga membantu :)

      Hapus
    2. Sebagai informasi tambahan, setelah ngobrol dengan banyak teman, ternyata biaya jaminan untuk menyewa one room di kota besar seperti Seoul memang besar sekali bisa sampai 5 jt KRW bahkan bisa lebih. :D

      Hapus
  3. terimakasih banyak sob, sangat membantu nih...

    BalasHapus
  4. saya mau tanya, rncananya saya mau pindah ke SMA di korea, kira2 biayanya brp ya?

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk biaya di tingkat SMA mohon maaf belum pernah tahu informasinya Mba Eka Dwi.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Halo kak Rohib. Saya ingin bertanya, di YU sendiri apa ada mahasiswa dari indonesia yang mengambil jurusan bahasa

      Hapus
  5. Mas itu kosnya sendiri ya? Gak Ada asrama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba @Widya Kartika itu ngekos sendiri. Kalau asrama ada juga. dan biasanya lebih murah namun umumnya ga bisa masak sendiri.

      Hapus
    2. mau tanya" lebih banyak ttg kuliah di korea bisa?!

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Bisa Mba Widya, silahkan! Semoga saya bisa membantu. Jika terlalu mendapatkan respon melalui komentar di blog ini, bisa kontak saya lewat email juga. Terimakasih

      Hapus
  6. Assalamualaikum Mas Rohib, perkenalkan saya Dian Pratiwi, saya merupakan kandidat YU, tapi saya masih galau dan bingung serta takut nanti di sana bagaimana dan tinggal dimana. Saya juga ga punya kenalan. Bisa saya hubungi Mas Rohib untuk tanya-tanya lebih lanjut. Sebelumnya terima kasih sekali atas blognya, membantu sekali.

    BalasHapus
  7. hallo kak, numpang tanya. kira2 kakak tau ga khursus makeup yang ada di korea itu kisaran harganya berapa dan nama tempatnya apa? Please reply ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mba Fanny :)
      saya sejujurnya tidak begitu tahu detail terkait kursus Make Up tapi saya pernah baca di obrolan group Persatuan Pelajar Indonesia di Korea (PERPIKA) terkait hal ini. Beberapa informasi yang bisa saya sampaiakan dari salah satu tempat kursus adalah untuk biaya sebesar 1.500.000 won selama 4 bulan. Untuk khusus orang indonesia dilaksanakan hari minggu dari jam 11 - 02 siang. Ada juga kelas Reguler yang dikhususkan bagi orang korea.
      Berikut link-link website nya
      1. http://blog.naver.com/chanook5341/220310544790
      2. http://www.sbsbeautystyle.com/
      3.ini link facebook nya : https://www.facebook.com/sbsbeautyschool?hc_location=ufi

      Semoga membantu Mba :)

      Hapus
  8. hii mas rohib.. saya fahmi dari kota cilegon. kebetulan dari beberapa hari yang lalu tepatnya 12 oktober kemarin, saya sampai tanggal 23 oktober mendatang mendapatkan pendiidkan singkat oleh IIDC (institute for International Development Cooperation) di YU.. kami dari Indonesia 19 orang.. sekiranya ada waktu setelah beres kuliah kmai bisakah kita bertemu untuk tukar pengalaman? selama di Daegu kami menginap di Novotel deket Lotte young plaza.. kalau memungkinkan ini email saya huluful@yahoo.com

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah senang bisa dikunjungi saudara-saudara dari Indonesia :)
      Insyallah Mas Fahmi, siap menjumpai. Semoga ada kesesuaian waktu dengan saya dan teman-teman yang sedang kuliah di Yeungnam.

      Hapus
  9. Halo kak, salam kenal, terima kasih telah berbagi informasi mengenai kuliah di korea, saya kebetulan sdg surfing mengenai kuliah di sana, Saya Dini, lulusan DIII kebidanan, mau tanya kak disana ada kan program studi untuk kesehatan dsb? Terima kasih kak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal Dini
      Untuk study kesehatan yang seperti ditanyakan, secara pribadi belum pernah bertemu dengan mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa asing dari jurusan tersebut. Umumnya mahasiswa indonesia yang saya ketahui yang belajar di bidang kesehatan adalah jurusan kedokteran, gizi dan kesehatan masyarakat.

      Hapus
  10. Bagaimana cara awal mendaftar di Universitas Korea? Setelah lulus SMA di Indonesia? Jawaban kakak sangat berharga buat saya. Trimakasih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapkan kemampuan bahasa terlebih dahulu. Baik bahasa Inggris (TOEFL/IELTS/TOEIC) maupun bahasa Korea. untuk bahasa Korea bisa jadi opsi kedua, namun umumnya kuliah S1 di Korea menggunakan bahasa Korea, jadi akan jauh lebih baik jika bisa bahasa Korea terlebih dahulu.
      Informasi detailnya silahkan baca-baca di portal universitas nya masing-masing, karena setiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda. Atau bisa juga baca-baca melalui website yang memberikan informasi beasiswa untuk S1, seperti KGSP dan NIIED.

      Hapus
  11. kak mau nanya dong, masih bingung nih masalah mau daftar ke kampusnya itu sama proses pendaftarannya gmn ya? soalnya cari2 di info di internet infonya pada sepotong-sepotong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anon.
      Informasi pendaftaran ada dan dijelaskan di website masing-masing kampus, termasuk no.contact yang bisa dihubungi untuk bertanya terkait pendaftaran di kampus tersebut. Jadi jika ada kendala atau hal yang belum dipahami tanyakan ke no.contact kampusnya saja. Sebagai contoh berikut link informasi pendaftaran di Yeungnam University http://www.yu.ac.kr/english/admission/index.php?c=admission_01 .Cari di website kampus yang dituju informasi tentang "admission".
      Jika ingin mendaftar dengan mekanisme beasiswa, tata cara nya juga pasti dijelaskan oleh lembaga yang memberikan beasiswa tersebut.

      Hapus
  12. Salam Mas Rohib, Salam Kenal saya mau tanya ... kalau keadaan lingkungan/Sosial di korea atau orang2 dsana gmana ? Apa Rasis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SalamKenal Mba/Mas Anon.
      Keadaan lingkungan sangat kondusif untuk belajar dan riset, tidak ada isu rasis di Korea walaupun ada sedikit pengalaman dari kawan-kawan saya yang ketika berinteraksi dengan "ajuma" (nenek-nenek) yang terkadang mereka menang sendiri, seperti nyerobot antrian atau hal-hal lain diluar kebiasaan orang korea pada umumnya, sehingga kami terkadang punya sedikit joke bahwa mereka (kaum tua aka nenek-nenek) adalah pemilik dan penguasa korea .hehehe..Tapi sejauh pengalaman saya sih, kasuistik tidak bisa di generalisir. Jadi kalau mau ke Korea, Woles aja..jauh dari kata rasis kehidupan disini. :)

      Hapus
  13. assalamualaikum mas Rohib,
    maaf mas boleh minta alamat email, cos mau nanya banyak ttg beasiswa ke korea...
    mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Mba/Mas Anon
      Monggo bisa dikirimkan ke rohib89@gmail.com

      Hapus
  14. Hallo mas rohib salam kenal saya baca artikel mahasiswa yang kuliah di korea ada pertanyaan yang buat saya takut mencoba kuliah disana pertama dosennya tidak siap dengan mahasiswa asing trus cenderung membeda-bedakan ya?, kedua cari makanan halal apakah susah disana? ,trus kerja sambilan itu ngurusnya susah? makasi mohon dijawab ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Shielfa, Salam kenal :)
      untuk masalah membeda-bedakan sepertinya tidak perlu ditakutkan, karena hanya memerlukan adaptasi saja, sebagain besar dosen di Korea tidak seperti yang disampaikan koq :)
      Cari makanan halal, tidak susah koq, banyak makanan halal yang bisa kita olah sendiri atau kita beli di toko-toko yang menyediakan makanan halal.
      Untuk kerja bergantung jurusan dan kegiatan dikampusnya, Jika di kampus nya memiliki kewajiban lain selain belajar di kelas maka akan sulit untuk part time job. Tapi jika memiliki kemampuan bahasa Korea yang sangat baik, maka akan sengat membantu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan sampingan. Semoga menjawab apa yang ditanyakan. :)

      Hapus
  15. Halo, kak.
    Aku suka banget dengan tulisannya.
    ceritain dong kak, suka dukanya jadi mahasiswa di korea.
    aku tunggu lhoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Firmansyah :D.
      Waah request nya menjadi inspirasi saya untuk membuat cerita sepanjang 2 tahun kulaih di Korea nih. ^_^
      Oke, mudah-mudahan ada kesempatan untuk saya bisa merangkum dan berbagi terkait kuliah disini. Insyallah.

      Hapus
  16. halo kak, saya mau bertanya dong, kan YU ada dua ya di gyeongsan sama yang di daegu. itu bedanya apa ya ka? terus ada ga sih ka program s2 business administration di YU? terus kalo ada, ada juga gak beasiswa untuk business administration itu? terima kasih banyak ya kak, jawaban dari kakak akan sangat membantu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Muthiah :)
      Kalu di Daegu khusu untuk program kedokteran saja, sedangkan sisanya semuanya "bermarkas" dio Gyeongsan :D
      Secara detail nama jurusan itu (business administration) saya kurang tahu karena saya anak Engineering, Jarang memperhatikan jurusan lain diluar engioneering dan natural science. Tapi sepertinya ada, karena beberapa kawan dari Uzbekistan, mereka kuliah di bidang ekonomi. Namun, tidak tahu major nya apa.
      Kalau beasiswa pastinya ada, buktinya rekan-rekan uzbekistan yang kuliah di bidang ekonomi tersebut semuanya mendapatkan besiswa dari Yeungnam juga :D

      Semoga menjawab apa yang ditanyakan

      Hapus
    2. Oh gitu ya ka terima kasih ka, tapi kaka dapet beasiswa disana beasiswa apa ka? terus kalo kgsp itu ada ga ka kira kira buat ekonomi? terima kasih banyak ya ka saya bertanya terus terus gapapa kan ya ka?

      Hapus
  17. Makasih atas infonya mas. Kalau untuk kuliah S1, bahasa pengantar semua universitas menggunakan bahasa korea selama dosennya bukan dosen asing, mas? Kalau untuk tugas2 (individu/kelompok), paper, dll pakai bahasa korea juga, mas? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya mas, untuk buku2 yg digunakan, pakai bahasa korea atau inggris ya? Makasih.

      Hapus
  18. Balasan
    1. silahkan kontak saya di email Mas/Mba. rohib89@gmail.com

      Hapus
  19. mau tanya ka, saya murid klec di snu, setelah lulus saya mau cari beasiswa full
    saya liat di web nya yeungnam univ bisa dapet biaya full kalau topik level 4 itu benar ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Jika memiliki topik level tersebut bisa mendapatkan full scholarship. Tapi akan dievaluasi tiap semester karena harus mencapai IP dengan nilai tertentu (peraturan ini ada juga di homepage nya)

      Hapus
    2. Kak Putri S1nya di snu? Kak boleh Tanya dulu daftarnya gimana? Terus persyaratannya apa aja kak?

      Hapus
  20. Saya ingin nanya dong ka, kalo kursus2 ada ngak dikorea? Saya ngak mau kuliah cuma mau kursus2 aja. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada. Ada visa belajar bahasa korea yang lamanya sekitar 6 bulanan.

      Hapus
  21. Halo sunbae kira" mahasiswa dari indonesia kebanyakan kuliah dimana Ya? Dan bisa recomend universitas yang bagus jurusan bisnisnya.kamsahabnida:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat beragam, sulit untuk menspesifikasikan jurusan mahasiswa indonesia disini :D
      untuk merekomemdasikan jurusan bisnis yang bagus di kampus mana, saya juga belum tahu banyak. Silahkan cari informasi di homepage kampus nya

      Hapus
  22. halo kak, boleh minta kontaknya? mau tnya-tanya banyak soal kuliah di korea kalau boleh... he he mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fifi
      Silahkan kirim kan ke rohib89@gmail.com

      Hapus
  23. bagaimana mencari informasi tentang jurusan yang full taught in English? di website uni sering tidak dijelaskan detail. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas/Mba Anon
      Memang untuk jenis pengantar bahasa dalam course nya jarang yang mempublikasikan di awal. Kita hanya tahu ketika kita akan memilih kelas di awal semester.

      Hapus
  24. Ka. Mau tanya di yeungnam university ada jurusan pendidikan bahasa jerman ga?
    -Makasih

    BalasHapus
  25. Ka.. mau tanya yeungnam university ada jurusan s2 televisi dan film gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada jurusan Visual communication Design, Industrial interaction Design, Photography and New Media. itu jurusan di Art Department yang sepertinya nyambung dengan per-film-an.

      Hapus
  26. Halo mas rohib, wah sangat membantu sekali artikelnya. Ingin bertanya dan mohon dijawab :) Saya berencana melanjutkan studi untuk Doctoral Program di Korea. Tujuan pertama saya itu Seoul National University, tapi ketika saya cari departemen yang saya inginkan ternyata itu hanya untuk undergraduate. Nah, terus saya cari lagi tentang forest resources ternyata ada di Yeungnam University dan kebetulan nemu artikelnya mas rohib. Nah pertanyaan saya, apakah ada mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan kehutanan di YU? dan bagaimana kesan-kesan mereka, baik itu dosen, mata kuliah, biaya kuliah, dll. Terima kasih mas sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Yubi
      Untuk jurusan forest di YU ada di department PSPS. rentang waktu kuliahnya 1.5 tahun biasanya. biayanya 4-5 jt won/semester. dosen dan mahasiswanya rata - rata dari luar korea, jadi sangat multinational bangeet. Kesan lainnya saya ga bisa menjelaskan karena bukan jurusan forest.hehehe

      Hapus
    2. mas rohib kenal nggak sma ibu vita astini klw nggk slah dy jurusan metallurgy?

      Hapus
  27. Hallo kak.saya mau tanya mengenai universitas dikorea yang bagus dalam bidang penelitian. Saya lulusan dari fakultas kehutanan dan saya ingin mencari jurusan yang berkaitan dengan tanaman obat-obatan dan penelitian mengenainya.terimakasih.ditunggu jawabannya

    BalasHapus
  28. Kak mau nanya kenapa kakak pilih swasta dibanding negeri?terus apakah kalo di korea lebih murah/bagus swasta dibanding yang negeri?terima kasih.

    BalasHapus
  29. Kak mau nanya, Kalau di universitas lain Ada mahasiswa S1 Dari Indonesia Gk? Kalau cara daftarnya gimana? Makasih kak.

    BalasHapus
  30. Hallo kak. Kak saya mau nanya, kalau mau kuliah disana harus udah bisa bahasa Korea ya? Katanya Ada semacam kuliah dulu satu tahun buat yang belum bisa bahasa Korea? Mohon bantuannya kak. Terimakasih

    BalasHapus
  31. Kak kalo toefl minimal score nya berapa? Kalo pake ptesol sama aja? Bisa gak? Atau harus toefl?

    BalasHapus
  32. Halo kak Rohib..
    di Yeungnam University ada jurusan teknik arsitektur untuk s2 gak?

    BalasHapus
  33. Halo kak Rohib.. Kak mau nanya nih kalo di yu s1 ada jurusan bahasa dan sastra ngga ya kirakira? Terimakasih kak..

    BalasHapus
  34. Hai kak Rohib, maaf mau tanya. Kalau jurusan primary education untuk s2 di korea ada tidak ka? Terima kasih sebelumnyaa

    BalasHapus
  35. Kak, mau tanya. Kalau beasiswa s1 kedokteran di korea ada ga ya??

    BalasHapus
  36. kak saya delia, mau tanya kira-kira kalo dari d3 ke s1 itu di YU bisa ga ya? terimakasih

    BalasHapus
  37. Mas mau tanya. Kan mas pake beasiswa dari kampus sebagai research assistant. Nah, itu minta sebagai research assistant gmna caranya ya mas?

    BalasHapus
  38. Halo kak. Saya mau tanya, di Yeungnam University itu mahasiswa dari indonesia mayoritas nya masuk jurusan apa ya? InshaAllah setelah lulus SMK saya ingin melanjutkan bidang study di korea. Terimakasih kak:)

    BalasHapus
  39. Mas rohib apakabar...sukses selalu ya..

    BalasHapus
  40. Ka, aku mau sekolah di korea *SMA,, kira kira biaya yg dibutuhin brp ya ka?,, terus sistem pendaftaran sekolah disana tuh gimana sih ka?,, biaya kehidupan sehari hari untuk seorang pelajar juga kira kira diperluin uang brp?..

    BalasHapus
  41. selama kita bisa hemat insyaAllah semua bisa di atasi :)

    BalasHapus
  42. Maaf kak mau nanya kalau di YU ada jurusan pastry gaa? Atau jurusan teater gt? Recananya saya mau nerusin disana. Terimakasih

    BalasHapus
  43. Maaf kak ganggu mohon respon ya kak, di korea apa ada beasiswa s1 jurusan kedokteran?s1 undergraduate kan ya?klw ada beasiswa apa ya kak? tolong respon ya kak. Makasiii

    BalasHapus
  44. Halo kak, terima kasih atas info nya. Saya sedang mendaftar di Daeshin Univ. Untuk mencari kos-kosan di sekitar sana sumbernya bisa dilihat dimana ya? Terima kasih kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Second Level CMAS Diving License

Beberapa waktu lalu kembali mendpatkan kesempatan untuk melatih skill diving bareng teman-teman teknik. Ini adalah program kelanjutan "naik tingkat" setelah beberapa bulan sebelumnya mengikuti pula pelatihan untuk mengambil basic diving. Sama seperti basic diving yang di dapat dulu, sebelum terjun langsung ke laut, kami digojrot dulu di kolam renang sehari sebelumnya, full dari pagi sampai sore. Dilatih dasar berenang, bernafas, menahan nafas, memasang alat dan lain sebagainya. Yang berbeda untuk second level ini kami mengambil license dari POSSI ( Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) yang menginduk pada organisasi international CMAS (Confederation Mondiale Activities Subacuatiques) sedangkan ketika first  level kami dapat dari SSI(Scuba Skill International). Bedanya apaa?? Saya juga tidak tahu banyak, sedikit penjelasan yang saya tahu bahwa kalau SSI biasa digunakan oleh orang yang ingin menagabil license "hanya" sekedar untuk selam hiburan dan l

Tentang Kelengkapan Laboratorium Hingga Segitiga Ideal

Pernah kah anda menghitung harga satu lembar kertas tissue yang anda gunakan? Kalau belum, coba anda hitung dengan cara membagi harga tissue yang anda beli dengan jumlah helai kertas tissue yang didapatkan. (Ga ada kerjaan amat siih. Hehehe) Hari ini saya menghitung kertas tissue yang ada dalam foto di bawah ini: Kimtech Tissue Tahukah anda berapa harga per lembarnya? Harganya adalaaaahh (jreeeeng jreeng jreeeng) 170 KRW atau jika diasumsikan 1 KRW= 11 IDR maka harganya sama dengan Rp. 1.870,- Ya harganya segitu, jangan heran ya (entah karena kemahalan atau begitu murah, tapi bagi saya sih, Muahaal bingiiit) hehehe. Tissue ini adalah salah satu bahan “sepele” yang digunakan dalam keseharian kami beraktivitas di laboratorium. Kami mengunakannya untuk mengelap beberapa alat praktikum dan beberapa bahan uji yang membutuhkan pengeringan yang baik.Saya menemukannya baru ketika di negeri ini (korea .red), padahal dunia laboratorium bukan lah hal asing bagi saya di Indonesia.

Surface Hardening

Untuk merefresh kembali materi kuliah ketika S1 dulu, saya ingi mengulang kembali beberapa materi yang mungkin nanti akan jadi makanan keseharian saya di laboratorium pengembangan paduan (Alloy Development) di Yeungnam University ini. Materi pertama yang ingin saya review adalah tentang proses pengerasan pada permukaan material. Beberapa hal yang menjadi alasan untuk melalkukan surface treatment diantaranya sebagai berikut : -        Menaikain ketahanan Aus -        Menaikkan kekerasan permukaan hingga sedalam 0,1 -0,5 mm -        Menambah ketahanan permukaan terhadap beban mekanis -        Memperbaiki ketahanan fatik Proses pengerasan pada material dapat dibagi menjadi 2 macam penggolongan yakni pengerasan secara termal/ selective heat treatment dan secara termokimia . Berikut adalah penjabaran dari masing-masing jenis pengerasan tersebut. A. Termal/Selective Heat Treatment Proses selective heat treatment dilakukan dengan beberapa prosedur yakni material ya